PENERAPAN CARA PENGGEMBURAN TANAH
Uji Tanah (53)

Tanah adalah media tumbuh tanaman atau tumbuh-tumbuhan, tempat bepinjak akar sehingga tanaman tegak berdiri.sumber penyedia unsure hara yang dibutuhkan tanaman. Untuk itu tanaman akan tumbuh baik jika unsure hara tersebut tidak berkurang unsure haranya. Untuk itu di sini akan di jelaskan cara merawat tanah yang baik, sehingga tanaman menjadi subur.
hqdefault
Cara merawat tanah adalah :
Memberi pupuk / pemupukan sesuai dengan jenis tanah baik pupuk kandang maupun pupuk buatan.
Membuat saluran irigasi untuk pengairan sawah yang jauh dari mata air.
Membuat sengkedan untuk mencegah erosi tanah.
Menjaga tanah dari penggunaan zat / bahan-bahan kimua yang merugikan.
Menanami lahan yang gundul untuk membantu terjadinya erosi.
Melakukan rotasi tanaman alias gonta-ganti jenis tanaman yang ditanam pada suatu bidang tanah.
Melaksanakan penghijauan dengan cara memberi humus pada tanah.
Memelihara cacing tanah dalam tanah untuk membantu menggemburkan tanah.
Tidak membuang sampah sembarangan di tanah.SALAH satu ALASAN pemerintah mengapa harga pupuk kimia naik karena mahalnya bahan baku pupuk yang masih harus diimpor. Bila memang selama ini soal bahan baku selalu menjadi penyebab naiknya harga pupuk, maka sudah sepatutnya kebijakan pilihan teknologi mestinya mulai beralih pada kebijakan penggunaan pupuk alternatif yang bahan bakunya tersedia secara lokal.
Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pertanian organik pun kian meningkat. Petani kini sudah mulai melirik produk alami dan meminimalkan penggunaan bahan kimia. Petani mencoba menggunakan pupuk kandang dan pupuk kompos untuk menyuburkan lahan marginal. Mereka juga mempergunakan teknologi fermentasi untuk mempercepat proses pembusukan bahan organik.
Secara ekonomis, alternatif sistem usaha tani ini cukup menguntungkan. Karena bisa menghemat biaya produksi. Filosofi usaha tani tak lagi mengeksploitasi sumber alam, tetapi justru mengoptimalkan potensi sumber daya alam (SDA). Tanah tak lagi dipaksa menjadi media miskin unsur hara, namun tanah telah diolah dan dijaga dengan memberi nutrisi bahan organik.
Pupuk Bokashi
Lahan kritis yang terjadi akibat eksploitasi sumber daya lahan yang melebihi daya dukung lingkungan, menyebabkan tanah tersebut kurang baik jika digunakan sebagai lokasi bercocok tanam. Aktivitas penanganan yang mungkin dilakukan yaitu dengan mengadakan rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT). Disamping itu, untuk meningkatkan kesuburan tanah, dapat diperkaya dengan bahan organik yang berkualitas diantaranya melalui pemberian pupuk bokashi.
Pengembangan pupuk bokashi saat ini telah lazim dilaksanakan oleh petani/ kelompok tani hutan (KTH) di Jateng, misalnya di Semarang, Boyolali, Pekalongan, Wonogiri dan sekitarnya. Pemanfaatannya untuk memperkaya kesuburan lahan pada tanaman pertanian diantara tegakan hutan. Hasilnya cukup menggembirakan. Selain dapat mendayagunakan sisa limbah pertaman untuk menyuburkan tanaman, juga bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.
Teknologi EM-4
Pembuatan kompos secara tradisional memerlukan waktu antara 3-4 bulan. Sekarang dengan menerapkan teknologi Effective Microorganism (EM-4), pembuatan pupuk kompos hanya memerlukan waktu 1-4 hari.
Hasil pupuk kompos dari proses dekomposisi bahan organik ini populer dikenal dengan nama ”Bokashi”. Kata bokashi diambil dari bahasa Jepang yang berarti bahan organik yang terfermentasi. Oleh orang Indonesia kata bokashi ada yang memperpanjang menjadi ”bahan organik kaya akan sumber kehidupan”.
Rumah Singgah macul 1
Larutan EM-4 yang berisi mikroorganisme fermentasi tersebut pertama kali ditemukan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus, Jepang. Jumlah mikroorganisme fermentasi di dalam EM-4 sangat banyak, sekitar 80 genus. Mikroorganisme tersebut dipilih yang dapat bekerja secara efektif dalam memfermentasikan bahan organik. Dari sekian banyak makroorganisme, ada lima golongan yang pokok, yakni bakteri fotosintetik, Lactobacillus sp, Streptomyces sp., ragi (yeast(, Actinomycetes.
Pemanfaatan bokashi secara rutin dapat berdampak nyata terhadap peningkatan kesuburan lahan, tanah menjadi gembur, serta airasi, sifat fisik, sifat kimia dan biologi tanah menjadi lebih baik.
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Proses Pembuatan
Resep pembuatan pupuk bokashi, siapkan EM-4 sebanyak 20 sendok makan (0,1 liter), kotoran ternak 80 kg, arang sekam 10 kg, dedak halus 10 kg, molase 10 sendok makan (0,05 liter), air 5-10 liter. Semua bahan tadi dicampur secara merata.
Masukkan bahan tadi dalam kantong plastik atau karung goni. Lalu ditutup rapat-rapat. Setiap 5 jam (minimal setengah hari) suhu adonan agar diukur panasnya dengan termometer. Kemudian diaduk dan ditutup kembali. Setelah 5 hari, bahan-bahan tersebut mengalami proses perubahan menjadi bokashi dan siap digunakan di lapangan.
Dalam proses fermentasi bahan organik, mikroorganisme akan bekerja dengan baik jika kondisinya sesuai. Proses fermentasi akan berlangsung dalam kondisi anaerob, pH rendah (3-4), kadar garam dan kadar gula tinggi, kandungan air sedang (30-40%). Selama pembuatan bokashi ada beberapa hal yang penting diperhatikan, yakni suhu (temperatur) dan suhu ideal dalam proses pembuatan bokashi 40-50 derajat Celcius.
Jika suhunya melebihi atau kurang, proses dekomposisi dan fermentasi tak sempurna. Sehingga jika dipupukkan pada tanaman maka hasilnya kurang optimal. Pembuatan bokashi tak boleh terkena sinar matahari langsung. Jadi senantiasa terlindung dari terik matahari.
Dedak yang harus dipakai dalam pembuatan bokashi adalah dedak padi yang halus dan lembut. Limbah pertanian lainnya, seperti jerami, limbah penggilingan kopi yang halus dapat juga dijadikan bahan bokashi. Kebutuhan dedak ini sekitar 10% dari total bokashi yang akan dihasilkan. Jika bahan organik berupa kotoran hewan, kebutuhannya lebih banyak sekitar 15-20%. Sebagai sumber energi atau makanan bakteri, pada tahap awal sebelum proses fermentasi diperlukan molase (tetes tebu). Molase ini dapat diganti dengan gula putih atau gula merah.
Cokelat Kehitaman
Kriteria hasil bokashi yang baik berwarna cokelat kehitaman, berstruktur remah, kadar air 30-40%, pH sekitar 7 dalam kategori sedang. Perbandingan unsur karbon (C) dan nitrogen (N) atau C/N ratio rata-rata 10-20.
Aplikasi di lapangan terhadap pupuk bokashi relatif mudah. Lahan 1 ha membutuhkan bokashi sekitar 3-5 ton. Teknis aplikasinya, seluruh bokashi tersebut disebar sebelum lahan diolah (dibajak). Diupayakan agar pupuk organik itu menyebar secara merata dalam areal 1 ha. Lalu dilakukan pembajakan, sehingga bokashi tercampur secara sempurna dengan tanah sekitarnya.
Dapat juga bokashi disebar setelah bedengan terbentuk. Hal ini dilakukan sebelum bedengan diberi mulsa. Setelah tersebar, bedengan juga bisa diberi dolomit untuk mengusahakan agar derajat keasaman (pH) tanah menjadi optimal. Dosis dolomit sekitar 1 ton per ha. (Agus Wariyanto-35)
Cara Cacing Tanah Menyuburkan Tanah
cacing-tanah
Siapa yang tidak mengenal cacing tanah. Hewan kecil melata yang banyak ditemukan di tanah ini sering dianggap menjijikan. Namun, di balik tubuhnya yang kecil dan banyak mengeluarkan lendir, cacing tanah memiliki manfaat yang sangat besar bagi tanah.
Salah satu manfaat yang sangat besar bagi lingkungan dan pertanian adalah menyuburkan tanah dengan memperbaiki struktur tanah menjadi lebih gembur, meningkatkan penyimpanan air tanah, dan menyediakan bahan-bahan organik di tanah.
Penggemburan tanah yang dilakukan cacing melalui lubang-lubang (jalan) yang dibuat oleh cacing. Cacing tanah membuat lubang dengan mendesak atau memakan butiran-butiran kecil tanah, sehingga memperbaiki aerasi dan drainase dalam tanah. Dengan adanya lubang-lubang tersebut, tanah menjadi lebih gembur.
Selain membuat tanah menjadi lebih gembur, lubang jalan yang dibuat cacing bermanfaat juga untuk.konservasi air tanah. Menurut seorang ahli tanah, cacing tanah mampu menggali tanah hingga kedalaman 1 meter. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam penyerapan air. Penyerapan air dalam jumlah banyak akan memperkecil banjir dan erosi yang terjadi ketika hujan besar melanda.
Cacing mengkonsumsi tanah dan bahan-bahan organik lainnya sehingga menghasilkan produk buangan (kotoran). Kotoran cacing bermanfaat bagi kesuburan tanah karena mengandung unsur hara N, P, dan K, sehingga memperkaya kandungan mineral dalam tanah. Kotoran cacing tersebut berupa bentuk nutrisi yang mudah dimanfaatkan tanaman. Namun, produksi alami kotoran cacing tanah bergantung pada spesies, musim, dan kondisi populasi yang sehat.
Selain itu, cacing mampu membantu mengomposkan sampah organik rumah tangga (klik di sini).
Ternyata di balik bentuknya yang sederhana cacing tanah memiliki andil besar dalam konservasi tanah dan air. Jadi, jika menemukan cacing tanah langsung diletakan di tanah agar cacing dapat hidup dan langsung bermanfaat bagi tanah.
Salam sahabat hijau

PENERAPAN CARA PEMUPUKAN TANAMAN

Pemupukan adalah tindakan menambah unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. Tindakan ini mempengaruhi hubungan tanah dengan tumbuh-tumbuhan.
Pemupukan pada umumnya bertujuan memeliahara atau memperbaiki kesuburan tanah, dimana secara langsung atau tidak langsung akan dapat juga menyumbangkan bahan makanan kepada tanaman yang tumbuh di daerah tersebut.
Ada 3 hal yang harus dipahami bila ingin benar-benar menguasai liku-liku pemupukan yaitu tanah, tanaman dan pupuk. Dalam pemupukan kita harus memperhatikakan zat-zat apa saja yang perlu ditambahkan pada tanah agar dapat mencapai hasil tanaman yang maksimal ada juga beberapa banyak dan bagaimana perbandingan zat-zat yang harus diberikan dan perlu juga di perhatikan pengaruh tak langsung penambahan zat-zat tersebut.
Pemupukan mempunyai dua tujuan yaitu :
1) Mengisi pembekalan zat makanan tanaman yang cukup
2) Memperbaiki atau mempelihara keutuhan kondisi tanah dalam hal struktur.
Penggolongan pupuk:
Ø Berdasarkan asal:
1. Pupuk organik
2. Pupuk anorganik
1. Pupuk Organik
Pupuk organik adalah semua sisa bahan tanaman, pupuk hijau dan kotoran hewan yang mempunyai kandungan unsur hara rendah. Pupuk organik tersedia setelah zat tersebut mengalami pemusukan oleh mikro organisme.
Pupuk organik sangat penting, karena :
1) Memperbaiki struktur tanah
2) Menaikkan daya serap tanah terhadap air
3) Menaikkan kondisi kehidupan di dalam tanah
Ø Jenis pupuk organik :
a) Pupuk Kandang
Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan.
Komponen yang terpenting dari bahan pupuk kandang adalah :
ü Faeces (tahi) atau kotoran dalam bentuk padat;
ü Urine (kencing) atau kotoran dalam bentuk cairan
b) Kompos
Kompos adalah suatu produk yang terdiri sebagian besar dari sampah buangan organik yang secara keseluruhan atau sebagian telah mengalami kondisi pengeraman dalam suhu yang tinggi.
Ciri fisik kompos yang baik adalah berwarna coklat kehitaman, agak lembap, gembur, dan bahan pembentuknya sudah tidak tampak lagi.
c) Pupuk Hijau
Pupuk hijau adalah bagian tumbuhan hijau yang mati dan tertimbun dalam tanah. Pupuk ini dapat terurai dan cepat tersedia bagi tanaman.
2. Pupuk Anorganik
Pupuk anorganik atau pupuk buatan (dari senyawa anorganik) adalah pupuk yang sengaja dibuat oleh manusia dalam pabrik dengan proses kimia, fisika, biologis dan mengandung unsur hara tertentu dalam kadar tinggi.
Macam-macam pupuk Organik :
1. Urea
2. KCl
3. SP-36
4. Ponska
5. Pestisida
2.2.Teknik Pemupukan
Terdapat dua Teknik pemupukan yaitu :
1. Pemupukan Melalui Akar Tanaman
Yaitu segala macam pupuk yang diberikan kepada tanaman lewat akar. Tujuannya tentu sudah jelas, yakni mengisi tanah dengan hara yang dibutuhkan oleh tanaman, supaya tanaman yang ditanam di atasnya tumbuh subur dan memberikan hasil yang memuaskan. Pada umumnya pemberian pupuk melalui akar dapat dilakukan secara:
a. Disebar (Broad Casting)
Pupuk yang disebarkan merata pada tanah-tanah di sekitar pertanaman atau pada waktu pembajakan/penggaruan terakhir, sehari sebelum tanam, kemudian diinjak-injak agar pupuk masuk ke dalam tanah
medium_29rp_pr_1264849507_re_455x297
. Beberapa pertimbangan untuk menggunakan cara ini adalah:
1. Tanaman ditanam pada jarak tanam yang rapat, baik teratur dalam barisan maupun tidak teratur dalam barisan.
2. Tanaman mempunyai akar yang dangkal atau berada pada dekat dengan permukaan tanah
3. Tanah mempunyai kesuburan yang relatif baik.
4. Pupuk yang dipakai cukup banyak atau dosis permukaan tinggi.
5. Daya larut pupuk besar, karena bila daya larutnya rendah maka yang diambil tanaman sedikit.
Cara pemupukan ini biasanya digunakan untuk memupuk tanaman padi, kacang-kacangan dan lain-lain yang mempunyai jarak tanam rapat. Kerugian cara ini ialah merangsang pertumbuhan rumput pengganggu/gulma dan kemungkinan pengikatan unsur hara tertentu oleh tanah lebih tinggi.

b. Ditempatkan di antara larikan/barisan
Pupuk ditaburkan di antara larikan tanaman dan kemudian ditutup kembali dengan tanah. Untuk tanaman tahunan ditaburkan melingkari tanaman dengan jarak tegak lurus daun terjauh (tajuk daun) dan ditutup kembali dengan tanah.
antarafoto-1338281701-
Cara ini dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
1. Pupuk yang digunakan relatif sedikit
2. Jarak tanam antara tanaman yang dipupuk cukup jarang dan jarak antara barisan pertanaman cukup jarang
3. Kesuburan tanah rendah
4. Tanaman dengan perkembangan akarnya yang sedikit
5. Untuk tanah tegalan atau darat
6. Bila mengkhawatirkan akan terjadi pengikatan unsur hara oleh tanah dalam jumlah yang cukup besar
c. Ditempatkan dalam lubang
Pupuk dibenamkan ke dalam lubang di samping batang sejauh kurang lebih 10 cm dan ditutup dengan tanah. Untuk tanaman tahunan pupuk dibenamkan ke dalam lubang pupuk yang melingkari tanaman dengan jarak tegak lurus dan terjauh (tajuk daun) dan ditutup kembali dengan tanah. Cara ini dilakukan dengan pertimbangan sama dengan cara larikan/barisan.
2. Pemupukan Dengan Cara Disemprotkan Ke Daun Tanaman(Spraying)
Pupuk yang dilarutkan ke dalam air dengan konsentrasi sangat rendah kemudian disemprotkan langsung kepada daun dengan alat penyemprot biasa (Hand Sprayer). Pada hamparan yang luas dapat digunakan pesawat terbang.
antarafoto-1310290811-
Sebelum memberikan pupuk ke daun ada beberapa hal yang dianggap mutlak diketahui dulu, yaitu:
1. Konsentrasi larutan pupuk yang dibuat harus sangat rendah atau mengikuti petunjuk dalam kemasan pupuk. Jangan berlebihan, lebih baik kurang daripada berlebihan. Kalau konsentrasinya lebih rendah dari anjuran maka untuk mengimbanginya frekuensi pemupukan bisa dipercepat, misalnya dianjurkan 10 hari bisa dipercepat jadi seminggu sekali.
2. Pupuk daun disemprotkan ke bagian daun yang menghadap ke bawah. Hal ini disebabkan karena pada kebanyakan daun tanaman, mulut daun (stomata) umumnya menghadap ke bawah atau bagain punggung daun.
3. Pupuk hendaknya disemprotkan ketika matahari tidak sedang terik-teriknya. Paling ideal dilakukan sore atau pagi hari persis ketika matahari belum begitu menyengat. Kalau dipaksakan juga menyemprot ketika panas, pupuk daun itu banyak menguap daripada diserap oleh daun.
4. Penyemprotan pupuk daun jangan dilaksanakan menjelang musim hujan. Resikonya pupuk daun akan habis tercuci oleh air hujan dan lagipula pada saat seperti itu stomata sedang menutup.
5. Biasakanlah untuk membaca keterangan yang ada pada kemasan pupuk, karena disinilah kuncinya.
antarafoto-1330595746-
Pemberian pupuk daun bisa dilakukan bersamaan dengan pemberian pestisida kalau dianggap perlu, atau bersamaan dengan zat perangsang seperti Dekamon atau Atonik berikut zat pebasah. Tetapi jangan sekali-kali memberikan pupuk daun bersamaan dengan pestisida yang mengandung zat perekat. sebab pupuk tersebut akan ikut lengket di permukaan daun tanpa bisa diserap. Akibat lebih lanjut ialah pupuk akan menyerap air daun dan daunpun akan rusak seperti terbakar.
Larangan menyemprot daun tanaman:
1) Setelah beberapa kali penyemprotan munculah tunas baru yang nantinya menjadi ranting dan daun. Bila tunas telah muncul, penyemprotan dihentikan. Sebab tunas muda ini amat peka terhadap pupuk, apalagi kalau dosisnya melebihi dari yang dianjurkan. Tetapi bila nanti tunas baru itu telah berubah menjadi ranting dan daun yang cukup kuat (tak menampakkan gejala menumbuhkan daun muda lagi), barulah tanaman boleh disemprot lagi.
2) Pada saat bunga mulai mekar penyemprotan harus dihentikan. Kalau tidak bunga bakal buah yang dinanti-nanti akan rontok semua dengan kata lain tanaman tadi akan keguguran. Ketika bunga sudah menjadi pentil, penyemprotan dengan pupuk daun boleh dilakukan lagi terutama hara pH-nya tinggi, dengan catatan yang disemprot bukan buahnya tetapi tetap pada daunnya
3) Satu lagi tanaman yang tidak bisa disemprot pupuk daun ialah tanaman yang baru dipindah ke lapangan. Karena tanaman itu masih terhitung masih muda dan lemas. Baru setelah tanaman mulai segar kembali atau pulih dari pengaruh pemindahan, pupuk daun bisa jalan lagi.
Cara pemupukan dengan penyemprotan melalui daun dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut:
1) Unsur hara sulit diambil tanaman melalui akar tanah, misalnya tanaman yang tumbuh pada tanah berpasir atau tanah-tanah yang berbatu.
2) Bila unsur hara dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sangat sedikit (unsur hara mikro).
3) Kondisi dan sifat fisik dari pupuk yang buruk.
4) Bila pemakaian pupuk dengan cara pemberian melalui akar tidak berhasil.
5) Pengaruh maksimum dari pupuk terhadap tanaman dapat diperoleh selama musim kering.

MENGENAL DAN MEMPRAKTEKKAN CARA PENANAMAN TANAMAN HIAS
Tanaman hias adalah tanaman yang dipergunakan sebagai dekorasi baik ruangan ataupun luar ruangan. Tanaman hias memiliki berbagai macam jenis mulai dari tanaman berbunga sampai tanaman yang berbentuk unik. Bentuk tanaman ini sangat beraneka ragam dan masing-masing tanaman memiliki daya tarik tersendiri untuk layak dikoleksi.
Tak hanya fashion, tanaman hias juga mengenal tren. Di saat tren sedang berlangsung harga tanaman hias bisa jadi sangat tinggi dan akan turun saat tren yang baru atau berikutnya berlangsung. Tak heran banyak pecinta tanaman yang beralih profesi untuk menjual tanaman koleksinya karena bisnis tanaman hias cukup menjanjikan.
jenis-tanaman-merambat
Beberapa jenis tanaman hias yang popular di kalangan masyarakat Indonesia adalah :
• Bonsai, Bonsai adalah contoh tanaman yang sempat sangat popular beberapa tahun yang lalu. Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan dan memiliki bentuk yang unik dengan beberapa bagian tanaman yang ditonjolkan. Image bonsai sangat elit dan tanaman ini merupakan tanaman favorit seniman dan kalangan atas.
• Pakis monyet, Inilah tren tanaman hias terbaru yang berasal dari Tiongkok. Sekilas tanaman ini seperti akar serabut kelapa namun sebenarnya adalah tanaman serumpun dnegan pakis. Disebut pakis monyet karena memang bentuk tanaman ini mirip dengan seekor monyet yang sedang duduk di atas pot. Tanaman ini didatangkan dari Palembang. Sebelum daunnya tumbuh, tanaman ini memiliki batang yang menjulang yang mirip dengan ekor monyet.
• Adenium, Adenium adalah jenis dari kamboja namun berukuran kecil dnegan warna bermacam-macam yang menarik yang sempat menjadi tren para kolektor tanaman. Perawatannya tidaklah susah dan dapat dengan mudah dikembangbiakkan melalui biji yang bila tumbuh nantinya biji tersbeut dapat menjadi bonggol yang menjadi daya tarik tanaman ini selain warnanya. Adenium dapat ditanam melalui media pasir yang dicampur dengan pupuk. Bila menanam letakkanlah di tempat dengan terik matahari yang cukup banyak supaya bunganya dapat keluar dengan lebih banyak. Warna bunga adenium dapat dikembangkan dengan cara stek.
adenium
• Aglaonema, Sejenis talas dengan daun yang pendek dan tidak punya kambium. Di pasaran, harga Aglaonema dihitung berdasarkan. Aglaonema yang nilainya tinggi adalah tanaman yang memiliki warna daun berbeda.
• Euphorbia, Euphorbia berbentuk seperti kaktus berduri dan memiliki daun. Tanaman ini tidak tahan air sehingga penyiraman harus dilakukan dengan jarang-jarang. Media tanamnya adalah pasir dan pupuk kandang.
• Bunga-bungaan, Selain berbagai jenis tanaman di atas, jenis tanaman hias lainnya yang tidak tergantung dnegan tren adalah jenis bunga bungaan. Seperti yang kita tahu, berbagai jenis bunga yang dijual selalu laris tanpa mengenal waktu. Jenis jenis bunga tersebut juga memiliki tingkatan harga walaupun sejenis.
Beberapa jenis bunga juga menjadi tanaman industry yang dijual melalui floris atau toko bunga untuk disalurkan ke industry perhotelan, perkantoran ataupun industry lainnya. Beberapa jenis bunga yang menjadi tanaman industry adalah mawar, gladiol, krisan, tulip, dan lain lain. Tanaman bunga yang memiliki harga lebih tinggi dan selalu menjadi dambaan para pecinta bunga adalah tanaman anggrek. Tanaman anggrek bulan terutama yang memiliki warna yang langka atau unik dapat memiliki harga hingga jutaan rupiah.
Untuk membuat taman rumah tidak harus dengan lahan yang luas, halaman yang sempit pun bisa anda manfaatkan untuk membuat taman sehingga mempercantik tampilan rumah anda. anda dapat menggunakan media tanam lain seperti pot atau polybag sehingga dapat memiliki tanaman hias yang banyak seperti pada lahan yang luas. Anda bisa mendapatkan pot dan polybag di toko-toko. Berikut cara menanam tanaman hias dengan menggunakan media pot :
1. Persiapan media tanam = letakkan beberapa pecahan bata merah di dasar pot hal ini bertujuan untuk mengikat air. Lalu isi pot tersebut dengan menggunakan campuran tanah yang baik. Pada Campuran umum: 1/3 bagian pasir, pupuk kandang dan tanah, campuran jenis kering: ½ bagian untuk pasir dan ½ bagian untuk pupuk kandang, campuran jenis yang suka lembab: ½ bagian untuk pupuk kandang dan ½ bagian untuk tanah.
2. Media tanam sudah siap untuk digunakan menanam.
3. Pilihlah pot yang sesuai dengan komoditi yang akan anda tanam, pilih yang memiliki drainase cukup. Masukan media tanam 1/3 bagian pot, masukan bibit, usahakan media tanam yang masih menempel untuk ikut ditanam supaya tanaman tidak mengalami strees ketika beradaptasi dengan media tanam yang baru.
4. Kemudian tambahkan lagi media tanam, sampai hampir penuh, lalu tekan perlahan-lahan agar tanaman berdiri dengan kokoh. Sisakan 2 cm dari bibir pot untuk mempermudah dalam penyiraman.
5. Setelah itu siramlah tanaman tadi dan bersihkan media tanam yang menempel di luar pot sebelum diletakkan di tempat yang diinginkan.
Untuk pengairan anda bisa memberikannya melalui alas pot, dengan demikian air akan meresap langsung dari bawah ke atas media tanam melalui sistem kapiler. Keuntungan dari cara ini adalah media tanam tidak akan terlalu basah, namun ketersediaan air agak sedikit. Untuk membantu peresapan anda bisa menambahkan tali yang dipasang dari media tanam ke alas pot dan melewati lubang drainase. Bisa juga anda menyiram langsung ke media tanam, intinya usahakan agar air tidak menggenang di permukaan media tanam. Untuk membantu penyerapan anda bisa menambahkan pipa yang ditancapkan ke media tanam. Waktu yang baik untuk menyiram adalah pagi dan sore, semoga ulasan cara menanam tanaman hias ini dapat berguna.
Menerapkan cara Perawatan Tanaman
Suatu bentuk tindakan rutin yang menjadi konsekuensi dari arti memelihara tanaman. Lebih cenderung untuk menciptakan rasa jenuh daripada kejutan-kejutan baru dalam menjalaninya. Melakukan tindakan penyiraman secara rutin setiap hari secara konsisten, bukan hal yang mudah untuk dijalani. Mudah mengerjakannya, namun sulit untuk menjalaninya secara konsisten. Itu adalah salah satu contoh konsekuensi dari bagian perawatan tanaman yang harus dihadapi.
12082011901
Tips ini bukan hanya diperuntukan untuk para petani saja, tetapi juga untuk semua orang yang peduli akan lingkungan dan berkeinginan untuk melakukan penghijauan. Agar usaha Anda tidak sia-sia, perhatikanlah tips cara menanam tanaman yang baik dan benar berikut ini;
Sebelum menanam, perhatikan jenis lahan yang akan digunakan.
Hal ini akan menjadi sangat penting untuk melihat jenis tanaman apa yang cocok untuk tempat yang akan ditanami.
Penyiangan
kegiatan ini salah satu perawatan tanaman yang mana membersihkan tanaman pokok dari gulma agar tidak terjadi competitor bagi tanaman pokok tersebut
taman
Pengairan
Sebelum menanam, perhatikan dan pertimbangkanlah sumber pengairan yang nantinya akan digunakan untuk menyiram tanaman Anda. Jika sumber air adalah air hujan, maka sangat dianjurkan untuk menyiramnya seoptimal mungkin.

Waktu penanaman
Waktu menanam yang tepat adalah di pagi hari, karena waktu pagi hari udara masih sangat bersih sehingga sangat baik untuk tanaman yang akan Anda tanam.

Pemupukan
Dianjurkan untuk mencampurkan tanah dengan pupuk kandang sebelum dilakukan penanaman. Hal ini dimaksudkan agar tanah lebih gembur dan tanaman pun lebih subur.
Itulah beberapa tips cara menanam tanaman dengan baik dan benar, semoga bisa dijadikan bahan acuan dan bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s