Pemanfaatan Limbah Pertanian Menjadi Pupuk Organik Bokashi

Pemanfaatan Limbah Pertanian Menjadi Pupuk Organik Bokashi

Limbah pertanian merupakan  sisa-sisa hasil pertanian yang berasal dari tumbuhan dan hewan ternak  misalnya sisa dari pemanenan hasil  tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, sampah rumah tangga, kotoran hewan ternak  dan sebagainya. Pemanfaatan limbah pertanian sangat perlu kita lakukan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan selain itu dapat dijadikan masukan/tambahan bagi petani ataupun masyarakat yang memanfaatkan limbah tersebut.
 
Masyarakat telah menyadari bahwa menggunakan bahan-bahan kimia non alami seperti pupuk dan pestisida sintetik serta hormon tumbuhan dalam memproduksi hasil pertanian ternyata menimbulkan efek terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Gaya hidup sehat menjadi trend bagi masyarakat dunia dan  kini telah melembaga secara internasional yang diwujudkan melalui regulasi perdagangan global, makanan yang dikonsumsi mempunyai kandungan nutrisi tinggi dan ramah lingkungan.
 
Bokashi adalah suatu kata dalam bahasa jepang yang berarti “Bahan organik yang telah difermentasikan” jadi pupuk organik bokashi merupakan hasil fermentasi bahan organik dari limbah pertanian (kotoran ternak, jerami padi, sekam padi, serbuk gergaji, sampah, rumput dan lain-lain) yang diolah dengan menggunakan aktifator Effektif Microorganisme4 (EM4).
 
Tahun 1980-an, Prof. Dr. Teruo Higa  dari  Universitas  Ryukyu, di Okinawa Jepang telah memperkenalkan konsef  EM  (Mikroorganisme Efektif)  kepada pertanian yang alami.
 
Effektif Microorganisme4 (EM4) merupakan suatu kultur  campuran berbagai mikro organisme yang terdiri dari bakteri pengurai  bahan organik yang digunakan untuk proses pembuatan pupuk organik bokashi, yang dapat menjaga kesuburan tanah sehingga berpeluang untuk meningkatkan produksi dan menjaga kestabilan produksi. EM4 mengandung mikro organisme fermentasi yang terdiri dari bakteri asam laktat (Laktobacillus spp), bakteri Fotosintetik (Rhodopseudomonas spp), ActinomycetesStreptomyces sp dan ragi.
 
Manfaat Pupuk Organik Bokashi
1.      Menggemburkan tanah.
2.      Menghasilkan unsur hara mikro dan makro yang cepat terserap oleh perakaran tanaman.
3.      Mencegah timbulnya jamur pada pupuk kandang dan tanah lingkungan tanaman.
4.      Merangsang pertumbuhan yang cepat dengan populasi maksimal.
5.      Mengurangi penggunaan pupuk kimia 50% sampai 70%.
6.      Menekan populasi perkembangan hama atau bakteri patogen sehingga mengurangi penggunaan insektisida, pestisida maupun fungisida.
 
Jenis – jenis Bokashi
Menurut bentuknya bokashi dibagi dalam 2 jenis yaitu Bokasih padat dan Bokashi cair, Bokashi padat terbuat dari limbah pertanian yang berbentuk padat, misalnya kotoran ternak, sampah organik, dll. Sedangkan pupuk bokashi cair terbuat dari kotoran ternak atau limbah pertanian lainnya yang diolah berbentuk cair dengan penambahan air sesuai anjuran.
 
Mengenai cara pembuatan pupuk organik bokashi serta cara pemakaiannya dapat di unduh melalui tautan berikut INI.
 
ditulis oleh  : SITI RUBIYAH, SP (Staf Dinas Pertanian)

 Sumber : http://hkti.org/pemanfaatan-limbah-pertanian-menjadi-pupuk-organik-bokashi.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: