Pagoda Keo Terpilih Sebagai Pusaka Khusus Nasional

Pagoda-Keo-Terpilih-Sebagai-Pusaka-Khusus-Nasional
Pagoda Keo yang terletak di Duy Nhat Commune, Distrik Vu Thu, di bagian utara Provinsi Thai Binh, telah dipilih sebagai pusaka khusus nasional karena keunikan sejarah, budaya, arsitektural, dan nilai artistik.
Provinsi Thai Binh mengadakan upacara pada 24 Oktober untuk mendapatkan gelar dan secara resmi membuka Festival Musim Gugur Pagoda Keo 2012.
Setelah upacara pertama, delegasi, bersama dengan banyak bhiksu, bhiksuni, umat dan wisatawan, menyalakan dupa dalam peringatan bhiksu Buddhis Duong Khong Lo dan mereka yang mengambil bagian dalam konstruksi pagoda, dari abad ke 17.
Hanya sekitar 130 km dari pusat kota Hanoi, Pagoda Keo, yang mana dibangun pada tahun 1632, merupakan sebuah bangunan kuno namun memiliki 102 ruangan, lebih banyak dari pagoda manapun di Vietnam.
Terdapat dua halaman, yang mana memisahkan pagoda dari wihara. Mereka didesain dengan genting melingkar yang saling bergabung pada menara lonceng besi dan kayu yang tingginya sekitar 11.5 meter.
Menara tersebut memiliki tiga tingkat, setiap tingkat memiliki atap dan bel perunggu masing-masing.
Pagoda yang luasnya 108,000 meter persegi adalah rumah yang kaya akan artefak kuno, dari naga yang terpahat dari kayu hingga koleksi lebih dari 100 patung.
Pagoda itu juga melindungi banyak barang-barang antik berharga, seperi sepasang lilin yang berasal dari Dinasti Mac, tembikar dan altar dari Dinasti Le, dan beberpa perahu kerajaan.
Festival Musim Gugur Pagoda Keo dilangsungkan tiap tahunnya pada tanggal 13 – 15 pada bulan ke 9 dari kalender Lunar, sebagai bentuk penghormatan kepada bhiksu Duong Khong Lo, yang dikatakan telah menyembuhkan Raja Le Thanh Tong dari sakitnya.
Sebagai tambahan dari ritual religi tradisional yang mana merupakan bentuk peringatan terhadap bhiksu Buddhis, festival juga merupakan tuan rumah dari berbagai aktivitas budaya yang merefleksikan gaya hidup dari komunitas agrikultural Delta Sungai Merah.
sumber :http://www.beritakaget.com/berita/3637/pagoda-keo-terpilih-sebagai-pusaka-khusus-nasional.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s