Cegah Defisit Lahan Pertanian, Moratorium Alih Fungsi Sawah Diusulkan

Defisit lahan terjadi akibat dampak alih fungsi lahan pertanian serta peningkatan kebutuhan pangan.

padi,ladang,berasIlustrasi sawah dan padi. (Thinkstockphoto)

Indonesia bisa terancam mengalami defisit lahan pertanian seluas 730.000 (0,73 juta) hektare pada 2015 mendatang.

Jumlah penduduk pada tahun 2015 diperkirakan mencapai 255 juta jiwa. Dengan asumsi konsumsi beras per kapita adalah 135,1 kilogram per kapita/tahun, untuk memenuhi konsumsi akan dibutuhkan lahan tanaman padi 13,38 juta hektare. Namun saat itu hanya tersedia lahan 13,20 juta hektare.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Gatot Irianto mengatakan, saat ini defisit lahan terjadi akibat dampak alih fungsi lahan pertanian serta peningkatan kebutuhan pangan.

Maka Kementerian Pertanian akan mengusulkan kepada Presiden perlunya menerbitkan instruksi soal moratorium alih fungsi sawah, sebagai upaya pengendalian laju konversi lahan pangan.

“Selain moratorium itu, pemerintah juga tengah mengaudit sawah. Pelopor-pelopor tindakan yang militan dalam penyelamatan sawah juga diperlukan. Contohnya, kelompok tani dan kepala desa di Tuban, yang memberlakukan peraturan desa soal larangan alih fungsi sawah seluas 50 hektare,” ujar Gatot.

Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Ekonomi dan Lingkungan Hidup Emil Salim menekankan, pemerintah hanya punya waktu setahun lagi untuk menjalankan rencana aksi, termasuk di tahun 2014 sudah akan masuk pada proses Pemilu Presiden. “Kalai tidak sekarang dimulai, tak ada waktu lagi,” tandasnya.

Baca: Pertanian Indonesia Hadapi Ancaman Krisis Pangan
(Gloria Samantha. Sumber: Kompas)

sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/12/cegah-defisit-lahan-pertanian-moratorium-alih-fungsi-sawah-diusulkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: