Sejuta Manfaat Mangrove

 

Mangrove, merupakan jenis tumbuhan yang umumnya hidup di perairan dekat pantai. Mangrove yang umumnya disebut hutan mangrove atau hutan bakau ini tumbuhnya dipengaruhi oleh pasang surut dari air laut. Di Indonesia sendiri tanaman ini sangat melimpah jumlahnya, bahakan berdaarkan sumber yang ada disebutkan bahwa luas hutan bakau Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999).

Mangrove atau tanaman bakau ini sangat dikenal manfaatnya untuk pelindung pantai dari ancaman abrasi. Namun, sebenarnya masih banyak sisi manfaat dari tanaman mangrove sendiri. Mangrove dapat pula digunakan sebagai pengendali pencemaran karena mengrove memiliki sifat mengendapkan polutan yang melaluinya. Sebagai contoh adalah penggunaan mangrove untuk mengendapkan limbah tailing di Teluk Bintuni – Papua Selatan yang berasal dari sisa pertambangan emas daerah dulu.Berdasarkan artikel yang ditulis oleh para ahli kehutanan Donato, D.; Kauffman, J.B.; Murdiyarso, D.; Kurnianto, S.; Stidham, M.; Kanninen, M yang diterbitkan pda bulan Februari 2012 menjelaskan bahwa hutan bakau (mangrove) merupakan salah satu hutan terkaya karbon dikawasan tropis. Jika dilihat dari sisi manfaat yang lain, ekosistem mangrove juga memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi, hl ini dikarenakan mangrove merupakan perpaduan antara ekosistem laut dan darat. Jenis-jenis tumbuhan yang ditemukan di hutan mangrove Indonesia sekitar 35 jenis pohon, 5 jenis terna, 9 jenis perdu, 9 jenis liana, 29 jenis epifit, dan 2 jenis parasit (Soemodihardjo et al, 1993).

Image

Namun, ada manfaat mangrove yang masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat umum. Buah mangrove dapat digunakan sebagai sirup buah mangrove, seperti yang sudah dikembangkan olh ibu-ibu PKK dari Degayu. Cara pembuatan sirup mangrove pun relative mudah, buah mangrove yang digunakan adalah mangrove jenis Kapidada, yang kemudian dagingnya dikupas dan digiling halus, lalu sarinya disaring dan kemudian direbus dengan gula, karena rasa buah mangrove kapidada ini kecut.Manfaat dari segi konsumsi yang lain dalah, tanaman ini dapat juga digunakan sebagi bahan alternative sumber karbohidrat. Hal ini dikarenakan, didalam buah mangrove terdapat banyak kandungan gizi, salah satunya adalah karbohidrat. Penelitian yang dilakukan oleh IPB didapatkan kandungan energi buah bakau ini adalah 371 kalori per 100 gram. Nilai ini lebih tinggi dari kandungan energi beras (360 kalori per 100 gram), dan jagung (307 kalori per 100 gram). Sedangkan kandungan karbohidrat buah bakau sebesar 85.1 gram per 100 gram. Nilai ini lebih tinggi dari beras (78.9 gram per 100 gram) dan jagung (63.6 gram per 100 gram). Kandungan karbohidrat dalam buah ini dapat disimpan dengan cara menjadikannya tepung mangrove yang lebih tahan lama. Dari tepung mangrove tadi, dapat dijadikan beraneka ragam jenis makanan nusantara misalnya saja klepon dan dodol.

Sayangnya, hutan mangrove di Indonesia saat ini terus berkurang. Sejak rentang 1999-2005, hutan bakau sudah berkurang sebanyak 5,58 juta hektar atau sekitar 64 persennya. Saat ini hutan mangrove di Indonesia yang dalam keadaan baik tinggal 3.6 juta hektar, sisanya dalam keadaan rusak dan sedang. Ini dipaparkan di dalam diskusi dan workshop Pengmbangan Ekowisata untuk Mendukung Konservasi Mangroveyang digelar Kementrian Kehutanan dan japan International Cooperation Agency (JICA) bulan Mei 2012 lalu di Banyuwangi, Jawa Timur. Lalu, apakah sejuta manfaat dari mangrove ini akan lenyap seiring dengan perkembangan industrialisasi? jawabananya trgantung pada kita. (vn)

Image

SUMBER : http://green.kompasiana.com/penghijauan/2013/01/02/sejuta-manfaat-mangrove-521534.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: