PENGENALAN TANAMAN BUAH NANAS

                      PENGENALAN TANAMAN BUAH NANAS                   

(PERTANYAAN DARI  YUDI ADITIA UNTUK MATERI DARI RUSTAM EFFENDI)

1.Apa fungsi utama dari tanaman nanas?

2.Apa  saja yang terkandung pada buah nanas?

3.Apa saja olahan yang dapat dibuat dari buah nanas?

4.Apa yang melatar belakangi anda membuat makalah tentang tanaman nanas?

5. Bagaimana anda menentukan kesimpulan dari makalah anda?

 

Jawaban
1. selain untuk dikonsumsi dalam kondisi segar,buah nanas juga dapat dibuat untuk manisan,berbagai jenis minuman,hingga selai sekalipun karena rasanya yang manis dan asam membuat sensasi rasanya enak untuk dikonsumsi,kemudian fungsi yang lainya adalah sebagai berikut :  ternyata buah yang mempunyai kulit berduri ini menyimpan segudang manfaat. Seperti berikut ini.

-. Melancarkan pencernaan protein
Manfaat nanas ini dapat kita peroleh karena buah tersebut memiliki enzim bromelain dalam jumlah besar. Enzi mini bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan dan sebagai pelega tenggorokan. Enzim bromelain berfungsi sebagai pencerna protein yang terdapat dalam makanan hingga dapat diserap oleh tubuh.

-. Mempercepat proses penyembuhan luka
Fungsi lain dari Enzim Bromelain adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam tubuh. Untuk itu, bagi pasien yang akan atau telah menjalani operasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah nanas.

-. Berfungsi sebagai pembersih
Manfaat nanas sebagai pembersih ini juga diperoleh dari adanya enzim bromelain yang dapat membantu agar kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Nanas juga dapat mengurangi kadar air yang berlebih dari dalam tubuh sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit Edema. Selain enzim bromelain, asam aspartic yang terkandung dalam nanas juga dapat membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh.Image

 

 

 

2.Berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada buah nanas :
Nilai Kandungan gizi Nenas per 100 g (3.5 oz)
Energi 202 kJ (48 kcal)
Karbohidrat 12,63 g
Gula 9,26 g
Diet serat 1,4 g
Lemak 0,12 g
Protein 0,54 g
Thiamine (Vit. B1) 0,079 mg (6%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,031 mg (2%)
Niacin (Vit. B3) 0,489 mg (3%)
Asam pantotenat (B5) 0,205 mg (4%)
Vitamin B6 0,110 mg (8%)
Folat (Vit. B9) 15 mg (4%)
Vitamin C 36,2 mg (60%)
Kalsium 13 mg (1%)
Besi 0,28 mg (2%)
Magnesium 12 mg (3%)
Fosfor 8 mg (1%)
Kalium 115 mg (2%)
Seng 0,10 mg (1%)

Sumber: USDA Nutrient database (http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/10/nenas-nanas-pineapple.html)

 

3.Banyak sekali olahan yang dapat dilakukan untuk berbagai macam jenis buah termasuk buah nanas,selain dimakan dalam kondisi segar,buah nanas dapat diolah sebagai berikut :

Sari buah nanas Palembang (Suyanti, 1991) 
Mutu sari buah terbaik dari nanas Palembang dibuat dari nanas matang dengan rasio bubur buah dengan air 1:3, gula 120 g /liter dan 1,5% asam sitrat. Pemberian CMC 2 g per liter dapat mencegah terjadinya pengendapan pada sari buah. Beberapa industri kecil skala rumah tangga di Prabumulih kini sudah memproduksi saribuah nanas, namun dalam skala masih sangat terbatas. 

Dodol nanas Palembang (BPTP Sumsel, 2011) 
BPTP Sumsel pernah melakukan uji coba pembuatan dodol nanas Palembang. Uji coba dilakukan menggunakan dua resep. 

Resep 1. 
Nanas 2 buah berukuran besar,(bobot utuh sekitar 950 g, setelah dikupas tinggal 500 g), gula pasir 500 g, tepung ketan 200 g, terigu 100 g, agar-agar 1 bungkus, santan dari 2 butir kelapa menjadi 1 liter, garam ½ sendok teh dan vanili satu bungkus. 

Resep 2.
Nanas 2 buah, gula pasir 150 g, gula merah 250 g, tepung ketan 100 g, tepung aren 80 g, kelapa 1 butir dibuat menjadi 500 ml santan, dan kayu manis 10 g. 

Alat yang dipakai : pisau, blender, timbangan, baskom, wajan, pengaduk, kompor, talam dan sendok. 

Cara pembuatan : nanas dikupas, dicuci,dipotong, diblender.Tepung ketan, terigu, agar dan gula dicampur, lalu dipanaskan diatas kompor. Setelah beberapa menit nanas yang diblender dicampurkan dan terus diaduk diatas kompor hingga kental. Pemasakan dilakukan sekitar satu jam. Setelah itu dodol didinginkan, dipotong dan dikemas dalam plastik PE dan kertas minyak. Resep dodol ini telah diamati secara organoleptik oleh 30 panelis dengan skor penilaian dari 1.tidak suka, 2 agak tidak suka,3 netral,4 agak suka dan 5. Suka. 

Hasil : 

Dari dua buah nanas dihasilkan dodol nanas sekitar 1 kg dodol. Dodol yang diperoleh dengan cara ini memiliki deskripsi warna kuning cerah, tekstur masih agak lembek, rasa manis, asam, gurih, dan beraroma nanas. Dari 30 penelis, rata-rata member skor 4,35 untuk rasa,4,00 untuk aroma, 2,93 untuk tekstur dan warna 3,74 pada dodol nanas resep 1. Sedangkan untuk resep 2 deskripsi produk yang dihasilkan warna coklat tua, tekstur agak kenyal, rasa manis, asam, gurih, aroma nanas sedikit kayu manis. Dari 29 panelis memberikan penilaian rata-rata skor 3,69 untuk rasa, 3,58 untuk aroma, 3,0 untuk tekstur dan 3,96 untuk warna. Kadar air dodol resep 1 adalah 22,6% sedangkan dodol 2 adalah 33,4%. Setelah diamati dodol yang disimpan pada suhu ruang masih bisa diterima hingga hari ke7. Hari ke 8 sudah mulai tengik dan hari ke-10 sudah tumbuh jamur dan bertambah tengik. Jamur ditemukan tumbuh pada ujung kemasan yang kurang tertutup rapat. Sedangkan dodol yang disimpan dikulkas hingga hari ke-11 masih bisa diterima secara organoleptik bahkan teksturnya menjadi lebih kenyal. 

Alat pengolahan dodol yang digunakan pada kegiatan ini masih sangat sederhana dan dalam skala yang kecil. Jika menginginkan dodol nanas menjadi kegiatan usaha yang cukup besar bisa digunakan alat pemasak dodol berpengaduk mekanis yang saat ini banyak dijual atau diproduksi oleh bengkel-bengkel. Umur simpan dapat diperbaiki dengan penambahan pengawet dan pengemasan yang baik. 

Fruit leather nenas (Hutapea, 2005) 

Fruit leather merupakan makanan semi basah berupa lembaran tipis yang dibuat dari daging buah yang dihancurkan menjadi bubur buah dan dikeringkan sampai kadar air 20%. Prinsip pengolahan fruit leather adalah pengeringan bubur buah yang telah dicampur gula dan asam dengan ketebalan tertentu sehingga diperoleh lembaran tipis dengan tekstur elastis. 

Bahan 
Bahan yang digunakan adalah nanas dengan warna kuning kurang dari 65% dan tidak lebih dari 90%, gula, agar-agar dan pengawet sodium metabisulfit. 

Cara pengolahan 
Nanas dikupas kulitnya, dibuang matanya kemudian dicuci. Selanjutnya dilakukan blansing dengan air panas selama 3 menit pada suhu 80oC. Kemudian dipotong kecil dan diblender. Tujuh ratus gram bubur buah ditambahkan gula 15% dan sodium metabisulfit 0,2%, dan agar-agar 0,5% kemudian dimixer. Disiapkan Loyang berukuran 15 cm x 20 cm x 1,5 cm dan dilapisi alufo. Kemudian isikan bahan keloyang dengan ketebalan 0,5 cm lalu oven pada suhu 55oC selama 24 jam. Potong-potong dengan ukuran 3x 2 cm lalu keringkan lagi dengan suhu 55oC selama 12 jam. 

Keripik nenas (Wahono, TC 2002) 
Nanas Palembang dapat juga diolah menjadi keripik nanas hal ini terbukti dengan ditemuinya keripik nanas palembang diwilayah Palembang. Pada prinsipnya pengolahan keripik nanas meliputi pengupasan, pembuangan empulur, perajangan, pengeringan, penirisan, dan pengemasan. Pengeringan dilakukan dengan alat pengering vakum yang dioperasikan pada suhu 87oC tekanan 700mmHg selama 126 menit.

 

(http://sumsel.litbang.deptan.go.id/index.php/component/content/article/53-it-1/217-nanas)

Hak Cipta © 2011 Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Selatan 
Jl. Kol. H. Barlian Km 6 Palembang Sumatera-SelatanImage

 

 

4.Alasan yang melatar belakangi anda membuat makalah tentang tanaman nanas adalah karena tanaman buah ini dapat dikenal lebih dekat lagi oleh masyarakat yang mana harapan saya agar prduksi tanaman buah nanas ini tetap terjaga dan hasil olahannya mampu menghasilkan nilai ekonomis yang cukup tinggi

5. menentukan kesimpulan dari makalah
saya menyimpulkan kesimpulan dari inti materi yang saya sampaikan mulai dari kandungan nanas tersebut,fungsi dan manfaat dari buah nanas itu sendiri,hasil olahannya sehingga kesimpulan itu dapat saya ambil

Image

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: