HAMA PENYAKIT TANAMAN BAYAM

                                  HAMA PENYAKIT TANAMAN BAYAM,

 PERTANYAAN DARI RITA SARI UNTUK MATERI TEDDY NURIZAL

1.Sebutkan apa saja hama dan penyakit tanaman bayam?

2.Bagaimana cara penanggulangan Hama dan penyakit?

3.Apa manfaat dari presentasi Hama dan Penyakit tanaman Bayam?

4.Bagaimana cara penanaman tanaman bayam?

5.Adakah manfaat bayam? Sebutkan jika ada

 

JAWABAN

  1. Jenis hama yang sering menyerang tanaman bayam diantaranya ulat daun, kutu daun, pengorok daun dan belalang
    Sedangkan penyakit biasanya kurang merugikan tanaman bayam terutama jika lingkungan sekitar pertanaman terpelihara, seperti drainase baik, cahaya matahari maksimum dan pemupukan tidak terlalu banyak. Penyakit yang sering dijumpai adalah rebah kecambah (Rhizoctonia solani) dan penyakit karat putih (Albugo sp.)

(http://www.sehatcommunity.com/2010/10/budidaya-bayam-mudah-dan-untungnya.html)

 

  1. Cara Pengendalian organisme penggangu  tanaman
    Gangguan hama penyakit tidak banyak dijumpai, kecuali adanya kerusakan daun yang ditimbulkan oleh ulat daun. Gangguan serangan hama diatur dengan insektisida yang ada dipasaran dengan dosis sesuai aturan yang diberikan apabila dianggap sangat perlu. Hindarkan pemberian obat-obatan secara berlebihan. Pemberian obat-obatan ini dihentikan minimal 1 minggu menjelang pemanenan. Gangguan lain seperti rumput-rumput terutama rumput teki, lempuyangan dan gulma diberantas dengan dicabut.

 Image

( http://epetani.deptan.go.id/budidaya/budidaya-bayam-3750)

    3.Agar kita mampu menanggulangi atau mengatasi hama dan penyakit yang terdapat pada bayam sehingga dapat mengurangi resiko kerugian yang lebih besar

4.      Penanaman
Sebelum benih disebar pada bedengan yang basah biji bayam harus

Dicampur dengan abu dapur yang kering dengan takaran 1 : 1. Benih disebarkan atau dideretkan dalam garitan, diatas suatu bedengan yang telah diberi cukup pupuk kandang. Jarak antar garitan 15-20 cm. Setelah benih dtebar ditutup dengan tanah tipis merata kemudian dilakukan penyiraman secara hati-hati. Benih mulai berkecambah

ImageImage

 (http://www.anneahira.com/budidaya-bayam.htm)

5. Dengan  adanya manfaat bayam, Anda juga bisa mengurangi resiko terkena beberapa penyakit.

    Bayam diketahui memiliki kandungan hampir 20 persen dari kebutuhan serat makanan untuk tubuh. Hal ini sangat baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol kadar gula darah, dan juga baik untuk diet.

    Selain itu, bayam juga diketahui mengandung flavonoid yakni sebuah phytonutrisi dimana memiliki anti kanker didalamnya. Bayam dikenal memiliki perlindungan untuk tubuh yang sangat baik untuk mencegah terkena resiko kanker prostat.

    Tidak hanya itu. Vitamin C dan E, betakaroten, mangan, seng dan selenium pun terdapat dalam sayuran yang satu ini. Antioksidannya mampu mencegah timbulnya osteoporosis, atherosclerosis dan tekanan darah tinggi.

    Bayam juga memiliki kandungan yang baik untuk mata. Karena bayam mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit katarak.

    Vitamin A yang terkandung dalam bayam juga baik untuk kulit dan mampu mempertahankan kelembapan. Dengan begitu, Anda pun akan mampu mencegah munculnya jerawat, keriput, sampai mencegah terjadinya penuaan dini.

    Bayam juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk tulang dan mampu mencegah osteoporosis, serta mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Vitamin K juga memiliki peran untuk kesehatan sistem saraf dan fungsi otak.

    Zat besi juga merupakan salah satu keistimewaan bayam. Zat ini penting untuk pembentukan sel darah merah agar Anda tidak kekurangan darah atau anemia. Dengan segudang manfaat bayam, tidak salah jika Anda memilih sayuran hijau yang satu ini untuk menu makanan sehari-hari Anda.

(http://www.melindahospital.com/modul/user/detail_artikel.php?id=1897_Manfaat-Bayam-Bagi-Kesehatan-)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: