BUDIDAYA TANAMAN SAWI

                                            BUDIDAYA TANAMAN SAWI
,PERTANYAAN DARI DWIMA ZULPA MAULANA DARI MATERI REWI YASINYA

1.Apa jenis- jenis sawi di Indonesia?

2.Daerah apa saja yang cocok untuk tanaman sawi?

3. Bagaimana Teknik penanaman sawi?

4.Apa yang disebut pengapuran?

5. Penanaman monokultural adalah teknik penanaman yang bagaimana?

JAWABAN

1. Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.

Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi gorengSawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.

Image

 

2. Sawi bukan tanaman asli Indonesia, menurut asalnya di Asia. Karena Indonesia mempunyai kecocokan terhadap iklim, cuaca dan tanahnya sehingga dikembangkan di Indonesia ini.
Tanaman sawi dapat tumbuh baik di tempat yang berhawa panas maupun berhawa dingin, sehingga dapat diusahakan dari dataran rendah maupun dataran tinggi. Meskipun demikian pada kenyataannya hasil yang diperoleh lebih baik di dataran tinggi.
Daerah penanaman yang cocok adalah mulai dari ketinggian 5 meter sampai dengan 1.200 meter di atas permukaan laut. Namun biasanya dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 meter sampai 500 meter dpl.
Tanaman sawi tahan terhadap air hujan, sehingga dapat di tanam sepanjang tahun. Pada musim kemarau yang perlu diperhatikan adalah penyiraman secara teratur. Berhubung dalam pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan hawa yang sejuk. lebih cepat tumbuh apabila ditanam dalam suasana lembab. Akan tetapi tanaman ini juga tidak senang pada air yang menggenang. Dengan demikian, tanaman ini cocok bils di tanam pada akhir musim penghujan.
Tanah yang cocok untuk ditanami sawi adalah tanah gembur, banyak mengandung humus, subur, serta pembuangan airnya baik. Derajat kemasaman (pH) tanah yang optimum untuk pertumbuhannya adalah antara pH 6 sampai pH 7.

( http://zuldesains.wordpress.com/2008/01/11/budidaya-tanaman-sawi/)

3. PENANAMAN.

Bedengan dengan ukuran lebar 120 cm dan panjang sesuai dengan ukuran petak tanah. Tinggi bedeng 20 – 30 cm dengan jarak antar bedeng 30 cm, seminggu sebelum penanaman dilakukan pemupukan terlebih dahulu yaitu pupuk kandang 10 ton/ha, TSP 100 kg/ha, Kcl 75 kg/ha. Sedang jarak tanam dalam bedengan 40 x 40 cm , 30 x 30 dan 20 x 20 cm.
Pilihlah bibit yang baik, pindahkan bibit dengan hati-hati, lalu membuat lubang dengan ukuran 4 – 8 x 6 – 10 cm.

 

(Image http://zuldesains.wordpress.com/2008/01/11/budidaya-tanaman-sawi/)

4.Teknik pengapuran adalah
              Pengapuran tanah berfungsi untuk meningkatkan pH tanah agar sesuai dengan syarat tumbuh tanaman, juga untuk memperbaiki struktur tanah, menigkatkan aktifitas organism tanah dalam membantu proses penguraian bahan organic tanah (berate mempercepat tersedianya unsure hara  tanah). Menurunkan zat yang bersifat racun (aluminium, mangan, dan besi) tanpa menghilangkan zat-zat yang penting lainnya, menambah unsure hara phospat (P), Molibdenum (Mo), kalsium (Ca), dan magnesium (Mg) dan meningkatkan pertumbuhan tanaman.

 Dosis pengapuran tanah harus tepat, sebab apabila berlebihan akan berpengaruh buruk terhadap pertumbuhan tanaman, yaitu :
 -.Tanaman menunjukkan gejala klorosis, atau daun menguning. Hal ini karena pengapuran yang berlebihan menurunkan kadar zat besi (Fe) dalam tanah. Padahal zat besi sangat diperlukan tanaman untuk pembentukan klorofil, sehingga kekeurangan unsure Fe menyebabkan terbentuknya klorofil tidak sempurna, sehingga daun tanaman menguning.

– Tanaman akan keracunan zeng (Zn) , tembaga (Cu) dan mangan (Mn). Hal ini karena pengapuran berlebih dapat meningkatkan unsure tersebut.

-Tanaman pertumbuhannya kurang baik. Pada Tanaman timun yang telah berbunga atau berbuah, bunga dan buahnya menjadi gugur. Hal ini karena pengapuran berlebih menurunkan kandungan phosphate dan molybdenum akibat adanya pembentukan senyawa komplek yang tidak larut. Di samping itu juga terjadi gangguan serapan phosphate dan boron.

Image

(http://menanam.blogspot.com/2010/09/pengapuran-pada-budidaya-tanaman.html)

5.Penanaman monokultural

Pertanaman tunggal atau monokultur adalah salah satu cara budidaya di lahan pertanian dengan menanam satu jenis tanaman pada satu areal. Cara budidaya ini meluas praktiknya sejak paruh kedua abad ke-20 di dunia serta menjadi penciri pertanian intensif dan pertanian industrial. Monokultur menjadikan penggunaan lahan efisien karena memungkinkan perawatan dan pemanenan secara cepat dengan bantuan mesin pertanian dan menekan biaya tenaga kerja karena wajah lahan menjadi seragam. Kelemahan utamanya adalah keseragaman kultivar mempercepat penyebaran organisme pengganggu tanaman (OPT, seperti hama dan penyakit tanaman).

Cara budidaya ini biasanya dipertentangkan dengan pertanaman campuran atau polikultur. Dalam polikultur, berbagai jenis tanaman ditanam pada satu lahan, baik secara temporal (pada waktu berbeda) maupun spasial (pada bagian lahan yang berbeda).

(http://id.wikipedia.org/wiki/Pertanaman_tunggal)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: